Percobaan Menumbuhkan Melon

Sesuai judulnya, saya beberapa hari ini menanam buah melon. Ceritanya berawal dari melon yang saya makan rasanya manis sekali. Hal itu membuat saya berpikir, “bisakah biji dari melon yang enak itu menghasilkan buah melon yang juga enak?”. Lalu, saya mencoba menanamnya di dalam kapas seperti ini

Tiga hari sejak sejak biji melon tersebut dibungkus oleh kapas, kapas tersebut mulai mengering sehingga saya memberinya air lagi sampai basah. Kemudian, pada hari kelima, biji melon itu sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia hidup. Lalu, sekitar seminggu sejak penanamannya, ia mulai bertumbuh🙂

Jadi, itulah gambar tanaman melon saya pada umur 5 hari, ketika ia menjadi kecambah.

Kenapa melon ini bisa tumbuh? Karena tumbuhan membutuhkan AIR untuk hidup, bukan TANAH. Seperti pada rumus fotosintesis, “6CO2 (karbon dioksida) + 6H2O (air)= C6H12O6(glukosa/gula) + 6O2(oksigen”

Tinggalkan Balasan

